Sumber daya alam (biasa disingkat SDA) adalah segala sesuatu yang muncul secara alami yang dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan manusia pada umumnya. Yang tergolong di dalamnya tidak hanya komponen biotik, seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotik, seperti minyak bumi, gas alam, berbagai jenis logam,air, dan tanah.Inovasi teknologi, kemajuan peradaban dan populasi manusia, serta revolusi industri telah membawa manusia pada era eksploitasi sumber daya alam sehingga persediaannya terus berkurang secara signifikan, terutama pada satu abad belakangan ini.

Pada umumnya, sumber daya alam berdasarkan sifatnya dapat digolongkan menjadi SDA yang dapat diperbaharui dan SDA tak dapat diperbaharui. SDA yang dapat diperbaharui adalah kekayaan alam yang dapat terus ada selama penggunaannya tidak diekspliotasi berlebihan. Tumbuhan, hewan, mikroorganisme, sinar matahari, angin, dan air adalah beberapa contoh SDA terbaharukan. Walaupun jumlahnya sangat berlimpah di alam, penggunannya harus tetap dibatasi dan dijaga untuk dapat terus berkelanjutan. SDA tak dapat diperbaharui adalah SDA yang jumlahnya terbatas karena penggunaanya lebih cepat daripada proses pembentukannya dan apabila digunakan secara terus-menerus akan habis. Minyak bumi, emas, besi, dan berbagai bahan tambang lainnya pada umumnya memerlukan waktu dan proses yang sangat panjang untuk kembali terbentuk sehingga jumlahnya sangat terbatas., minyak bumi dan gas alam pada umumnya berasal dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan yang hidup jutaan tahun lalu, terutama dibentuk dan berasal dari lingkungan perairan.Perubahan tekanan dansuhu panas selama jutaaan tahun ini kemudian mengubah materi dan senyawa organik tersebut menjadi berbagai jenis bahan tambang tersebut.

materi bisa di download http://www.mediafire.com/?ualf6bdwfb19db6

video

Berdasarkan ilustrasi dari video diatas kita semua harus mengingat kembali jika sumber daya alam ini memang benar-benar harus di manfaatkan sebaik-baiknya. Seperti pada penjelasan diatas, SDA yang dapat diperbaharui adalah kekayaan alam yang dapat terus ada selama penggunaannya tidak diekspliotasi berlebihan dan SDA tak dapat diperbaharui adalah SDA yang jumlahnya terbatas karena penggunaanya lebih cepat daripada proses pembentukannya dan apabila digunakan secara terus-menerus akan habis. Ilustrasi di atas memang termasuk pada SDA yang dapat di perbaharui, akan tetapi ilustrasi di atas pada kenyataannya bisa di golongkan pada SDA yang tidak dapat diperbaharui karena sifatnya yang butuh waktu yang sangat lama untuk mengembalikannya. Sumber daya alam tidak akan cepat menghilang apabila kita semua bisa bersama-sama menjaga dan memanfaatkannya dengan baik. Oleh karena itu mari kita sama-sama menjaga sumber daya alam untuk generasi mendatang. Patuhi dan laksanakan dengan tertib seluruh hukum yang mengatur tentang pengelolaan ini agar sumber daya alam bisa dinikmati dan di manfaatkan sampai ke generasi selanjutnya dan selanjutnya.

Daftar Pustaka

http://id.wikipedia.org/wiki/Sumber_daya_alam