Indonesia merupakan salah satu Negara berkembang yang memiliki potensi yang sangat besar. Selain potensi sumber daya alamnya, potensi sumber daya manusia yang banyak pun tersedia di negeri ini. Mulai dari ujung timur hingga barat tersebar berbagai macam kekayaan alam yang berlimpah. Namun penyebaran potensi sumber daya manusianya tidak begitu merata.

Dalam pendataan penduduk oleh Kementerian Dalam Negeri, jumlah penduduk Indonesia terhitung 31 Desember 2010 mencapai 259.940.857. Jumlah ini terdiri atas 132.240.055 laki-laki dan 127.700.802 perempuan.

Dengan peningkatan jumlah penduduk Indonesia diatas, perkembangan penduduknya tentu menjadi sorotan banyak pihak.

Perkembangan penduduk bisa di gambarkan berdasarkan bentuk piramida penduduk. Negara atau daerah dengan angka kematian bayi yang rendah dan memiliki usia harapan hidup tinggi, bentuk piramida penduduknya hampir menyerupai kotak, karena mayoritas penduduknya hidup hingga usia tua. Sebaliknya yang memiliki angka kematian bayi tinggi dan usia harapan hidup rendah, piramida penduduknya berbentuk menyerupai genta (lebar di tengah), yang menggambarkan tingginya angka kematian bayi dan tingginya risiko kematian.

Perkembangan penduduk tanpa disertai dengan kontrol untuk mengukur jumlah penduduk yang di inginkan, hanya akan menumbuhkan masalah sosial. Akan tetapi masalah sosial ini bisa diatasi apabila perkembangan penduduk ini diimbangi dengan pendidikan yang cukup. Pengetahuan tentang pendidikan adalah penting untuk diketahui oleh masyarakat luas yang mana dapat merangsang timbulnya kesadaran dan membina tingkah laku yang yang bertanggung jawab terhadap masalah kependudukan, sehingga masalah–masalah yang ada di atasi bersama dengan penuh perhatian dan memungkinkan setiap timbulnya masalah dapat di cegah atau di hindari.

Selain pendidikan , ternyata teknologi juga berpengaruh sangat besar bagi perkembangan penduduk. Berkurangnya atau bertambahnnya penduduk di suatau daerah mempunyai hubungan yang erat dengan perkembangan teknologi yang dimilikinya. Semakin tinggi teknologi yang dimiliki oleh suatu golongan penduduk, semakin luas kemungkinan memperbesar hasil  –hasil produksi kebutuhan hidup dan semakin luas pula mata pencaharian untuk pertambahan penduduk. Setiap pendapatan baru dari lapangan teknologi sangatlah besar pengaruhnya terhadap perkembangan penduduk.

Indonesia termasuk ke dalam negara berkembang. Istilah negara berkembang itu sendiri digunakan untuk menjelaskan suatu negara dengan kesejahteraan material tingkat rendah. Karena tidak ada definisi tetap negara berkembang yang diakui secara internasional, tingkat pembangunan bisa saja bervariasi di dalam negara berkembang tersebut. Sejumlah negara berkembang memiliki standar hidup rata-rata yang tinggi.

Pendidikan dan teknologi di Indonesia bisa dibilang ikut berkembang juga. Hal ini bisa dibuktikan bahwa banyak putra dan puteri bangsa yang berprestasi di luar negri. Dari segi teknologi negara Indonesia juga cukup berkembang, teknologi selluler, pc dan lainnya Indonesia bisa dibilang sangat mengikuti perkembangan yang ada. Namun dibalik semua itu negara Indonesia masih menyimpan banyak potret cerita kemiskinan, keterbelakangan, dan kelaparan. Perkembangan penduduk di Indonesia tidak sebanding dengan perkembangan teknologi maupun pendidikannya. Beberapa hal itu bisa di lihat pada video di bawah ini.

materi silahkan download http://www.mediafire.com/?u884a6ktoiap1lw

Perkembangan penduduk yang diinginkan oleh setiap negara adalah perkembangan yang menunjukkan kenaikan grafik mutu dari segala aspek. Jika perkembangan penduduk yang diterapkan di negara Indonesia sudah seperti layaknya perkembangan yang sesungguhnya saya rasa tidak ada lagi cerita ataupun potret-potret kemiskinan, kelaparan maupun keterbelakangan. Seluruh penduduk di negri ini pun akan makmur dan bisa bersaing dengan negara lain yang sama berkembangnya dengan negara ini maupun yang lebih maju dari negara Indonesia saat ini.

Daftar Pustaka

http://elektroundip2002.wordpress.com/2008/02/09/perkembangan-penduduk-dan-potensi-indonesia/

http://regional.kompas.com/read/2011/09/19/10594911/Jumlah.Penduduk.Indonesia.259.Juta