REPUBLIKA.CO.ID, PITTSBURGH – Jalan kaki merupakan salah satu alternatif olahraga murah yang menyehatkan. Tapi ternyata, orang yang berjalan kaki dengan langkah yang cepat lebih menyehatkan dibandingkan berjalan kaki dengan santai.

Studi baru menemukan bahwa manula yang berjalan dengan langkah yang cepat bisa hidup lebih lama dibandingkan dengan rekan mereka yang berjalan lambat.

American Medical Association (AMA) meneliti kecepatan berjalan kaki pada sekitar 35.000 orang. Bagi manula dengan usia 75 atau lebih, para pejalan kaki cepat bisa hidup lebih lama. Sekitar 87 persen pria pejalan cepat bisa hidup 10 tahun lebih lama dibandingkan pria yang berjalan lambat.

Para peneliti tidak mengasumsikan hanya dengan mengambil kecepatan berjalan lantas bisa memanjangkan umur. “Namun, tubuh manusia memiliki kecepatan berjalan terbaik yang disesuaikan dengan semua sistem kerja di dalam tubuh,” kata peneliti dari University of Pittsburgh Medical Center, Stephanie Studenski.

Sebelum temuan ini, sebuah studi menunjukkan bahwa berjalan kaki hanya 9,5 kilometer (enam mil seminggu) dapat menjaga otak agar tidak mudah pikun ketika sudah tua.

Universitas Harvard juga pernah menemukan penelitian bahwa perempuan yang berjalan secara teratur dengan langkah cepat memiliki risiko terkena stroke hampir 40 persen lebih rendah.

 sumber :