Dioda foto adalah jenis dioda yang berfungsi mendeteksi cahaya. Berbeda dengan dioda biasa, komponen elektronika ini akan mengubah cahaya menjadi arus listrik. Cahaya yang dapat dideteksi oleh dioda foto ini mulai dari cahaya infra merah, cahaya tampak, ultra ungu sampai dengan sinar-X. Aplikasi dioda foto mulai dari penghitung kendaraan di jalan umum secara otomatis, pengukur cahaya pada kamera serta beberapa peralatan di bidang medis.

                               

gambar 1. Simbol dari dioda foto                                                        gambar 2.  Suatu dioda foto

Alat yang mirip dengan Dioda foto adalah Transistor foto (Phototransistor). Transistor foto ini pada dasarnya adalah jenis transistor bipolar yang menggunakan kontak (junction) Base-Collector untuk menerima cahaya. Komponen ini mempunyai sensitivitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan Dioda Foto. Hal ini disebabkan karena elektron yang ditimbulkan oleh foton cahaya pada junction ini diinjeksikan di bagian Base dan diperkuat di bagian Collectornya. Namun demikian, waktu respons dari Transistor-foto secara umum akan lebih lambat dari pada Dioda-Foto.

Prinsip kerja dari fotodioda jika sebuah sambungan-pn dibias maju dan diberikan cahaya padanya maka pertambahan arus sangat kecil sedangkan jika sambungan pn dibias mundur arus akan bertambah cukup besar. Cahaya yang dikenakan pada fotodioda akan mengakibatkan terjadinya pergeseran foton yang akan menghasilkan pasangan electron-hole dikedua sisi dari sambungan. Ketika elektron-elektron yang dihasilkan itu masuk ke pita konduksi maka elektron-elektron itu akan mengalir ke arah positif sumber tegangan sedangkan hole yang dihasilkan mengalir ke arah negatif sumber tegangan sehingga arus akan mengalir di dalam rangkaian. Besarnya pasangan elektron ataupun hole yang dihasilkan tergantung dari besarnya intensitas cahaya yang dikenakan pada fotodioda.

Photodiode akan mengalirkan arus yang membentuk fungsi linear terhadap intensitas cahaya yang diterima. Arus ini umumnya teratur terhadap power density (Dp). Perbandingan antara arus keluaran dengan power density disebut sebagai current responsitivity. Arus yang dimaksud adalah arus bocor ketika photodioda tersebut disinari dan dalam keadaan dipanjar mundur.

Tanggapan frekuensi sensor photo diode tidak luas. Dari rentang tanggapan itu, sensor photo diode memiliki tanggapan paling baik terhadap cahaya infra merah, tepatnya pada cahaya dengan panjang gelombang sekitar 0,9 µm. Kurva tanggapan sensor photo diode ditunjukkan pada gambar berikut

.Sensor photo dioda,photodioda,Sensor photodioda,photodetector,Kurva Tanggapan Frekuensi Sensor Photodioda,Hubungan Keluaran Photodioda Dengan Intensitas Cahaya,teori sensor photodioda,fungsi sensor photodioda,aplikasi sensor photodioda,kegunaan sensor photodioda,menggunakan sensor photodioda,cara menggunakan sensor photodioda,seting sensor photodioda,konfigurasi sensor photodioda,rangkjaian sensor photodioda,harga sensor photodioda,jual sensor photodioda,karakteristik sensor photodioda,komponen sensor photodioda,dasar sensor photodioda,rangkaian penguat sensor photodioda,saklar sensor photodioda,merakit sensor photodioda,modul sensor photodioda,kit sensor photodioda

Kurva Tanggapan Frekuensi Sensor Photo diode Hubungan antara keluaran sensor fotodioda dengan intensitas cahaya yang diterimanya ketika dipanjar mundur adalah membentuk suatu fungsi yang linier. Hubungan antara keluaran sensor photo diode dengan intensitas cahaya ditunjukkan pada gambar berikut.

Sensor photo dioda,photodioda,Sensor photodioda,photodetector,Kurva Tanggapan Frekuensi Sensor Photodioda,Hubungan Keluaran Photodioda Dengan Intensitas Cahaya,teori sensor photodioda,fungsi sensor photodioda,aplikasi sensor photodioda,kegunaan sensor photodioda,menggunakan sensor photodioda,cara menggunakan sensor photodioda,seting sensor photodioda,konfigurasi sensor photodioda,rangkjaian sensor photodioda,harga sensor photodioda,jual sensor photodioda,karakteristik sensor photodioda,komponen sensor photodioda,dasar sensor photodioda,rangkaian penguat sensor photodioda,saklar sensor photodioda,merakit sensor photodioda,modul sensor photodioda,kit sensor photodioda

Sebagai contoh aplikasi photo diode dapat digunakan sebagai sensor api. Penggunaan sensor photo diode sebagai pendeteksi keberadaan api didasarkan pada fakta bahwa pada nyala api juga terpancar cahaya infra merah. Hal ini tidak dapat dibuktikan dengan mata telanjang karena cahaya infra merah merupakan cahaya tidak tampak, namun keberadaan cahaya infra merah dapat dirasakan yaitu ketika ada rasa hangat atau panas dari nyala api yang sampai ke tubuh kita.

referensi :

http://elektronika-dasar.com/komponen/sensor-tranducer/sensor-photodioda/

http://id.wikipedia.org/wiki/Fotodiode

http://mhdfaisal.wordpress.com/2009/12/03/fotodioda/