ATM (bahasa Indonesia: Anjungan Tunai Mandiri atau dalam bahasa Inggris: Automated Teller Machine) adalah sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang “teller” manusia. Banyak ATM juga mengijinkan penyimpanan uang atau cek, transfer uang atau bahkan membeli perangko.

ATM sering ditempatkan di lokasi-lokasi strategis, seperti restoran, pusat perbelanjaan, bandar udara, pasar, dan kantor-kantor bank itu sendiri. Di era globalisasi saat ini Kartu ATM bukan lah suatu benda yang spesial , tapi sebuah kebutuhan wajib yang harus dimiliki setiap orang. Terkadang setiap orang tidak hanya memiliki atau menggunakan 1 buah kartu ATM, tapi 2,3 bahkan bisa lebih dari 5 kartu setiap orangnya.

Namun pada kali ini penulis tidak membahas penggunaan kartu ATM melainkan, membahas bagaimana mesin ATM ini bekerja, sehingga kita sebagai pengguna mesin ATM dapat menggunakan fasilitas yang sudah diberikan oleh mesin ini. Misalnya mengambil uang tunai, membayar sejumlah tagihan atau transfer sejumlah uang ke nomer rekening lain.

Berkas:ATM 750x1300.jpg

Gambar diatas merupakan salah satu contoh dari mesin ATM yang sering kita jumpai. Kita dapat mempelajari cara kerja dari mesin ATM diatas lewat algoritma berikut :

  1. Pergi ke mesin ATM
  2. Memasukkan kartu ke mesin ATM tersebut
  3. Memilih bahasa yang digunakan
  4. Memasukkan kode PIN ATM kita
  5. Memilih jenis transaksi yang diperlukan (misal : tarik tunai, cek saldo, pembayaran tagihan pulsa/rek.listrik,dll)
  6. Transaksi selesai
  7. Ingin melakukan transaksi lainnya?
  8. Jika ya maka sistem kembali ke pilihan transaksi, jika tidak ada transaksi lainnnya, ambil struk/bukti pembayaran yg keluar dari mesin ATM tersebut
  9. ambil kartu ATM yg keluar dari mesin tersebut
  10. Keluar dari ruang mesin ATM

Berdasarkan algoritma diatas, diterangkan pada flowchart di bawah ini. Misalkan kita mengambil kasus tarik tunai pada mesin ATM.Sesuai dengan alur flowchart di bawah, Pertama-tama kita masukkan kartu ATM, kemudian akan muncul layar untuk pilih bahasa. Setelah bahasa dipilih, mesin ATM akan meminta kita untuk memasukkan nomor PIN pada layar. Bila nomor PIN yang kita masukkan itu benar, maka proses akan berlanjut ke pilihan jenis transaksi. Karena kita akan memilih tarik tunai maka kita pilih nomor 1. Setelah itu pilih jumlah nominal yang tersedia di layar, atau jika melebihi/mengurangi jumlah nominalnya bisa pilih ‘masukkan nilai nominal lainnya’. Setelah itu mesin akan memproses uang yang kita minta. Setelah uang diterima, dilayar akan muncul pilihan ‘apakah anda ingin melakukan transaksi lainnya?’ jika ya maka mesin akan mengulang ke pilihan menu pertama ‘pilih jenis transaksi’ , jika tidak mesin akan melanjutkan untuk mencetak struk dan menyelesaikan transaksi dengan keluarnya kartu ATM dan struk yang sudah tercetak.

Contoh kasus lainnya, apabila kita ingin mengecek saldo yang masih tersimpan di kartu ATM. Pertama-tama kita pergi ke mesin ATM kemudian memasukkan kartu ATM tersebut ke dalam mesin ATM. Pilih bahasa yang ingin digunakan kemudian masukkan nomor PIN yang dimiliki. Jika benar, pada pilihan transaksi pilih menu 2. Cek saldo, maka nilai saldo akan muncul dan muncul pilihan untuk mencetak nilai saldo.Jika memilih untuk mencetak struk, maka struk akan tercetak. Jika tidak memilih untuk mencetak, program cek saldo berakhir. Sebelum dicetak struk, akan muncul pilihan ‘apakah anda ingin melakukan transaksi lainnya?’. Jika ya maka mesin akan mengulang ke menu pilihan transaksi , jika tidak maka transaksi berakhir dan kartu ATM keluar dari mesin.

Jika kita ingin membayar sejumlah tagihan, kita juga bisa membayarnya di mesin ATM. Rekening listrik, telepon, pulsa, dll bisa dilakukan di mesin ATM. Caranya sama dengan yang lain awalnya, setelah nomor PIN sesuai kemudian pilih menu pembayaran listrik/pulsa. Setelah itu di layar mesin akan muncul beberapa pilihan pembayaran, jika sudah dipilih kemudian masukkan nilai nominal tagihan yang akan dibayarkan. Jika semua sudah selesai, maka akan muncul pertanyaan ‘apakah anda ingin melakukan transaksi lainnya?’ jika ya akan kembali ke menu awal dan jika tidak mesin akan mencetak bukti struk pembayaran dan kartu ATM akan keluar.

Untuk contoh kasus transfer uang di mesin ATM, proses awalnya sama seperti contoh kasus pertama dan kedua. Setelah menu transfer dipilih, kita harus memasukkan no rekening tujuan. Setelah itu memasukkan nilai nominal yang akan dikirim. Jika sudah diproses dan transfer dinyatakan berhasil, muncul kembali pilihan ‘apakah anda akan melakukan transaksi transaksi lainnya?’ jika tidak maka kartu atm kita akan keluar seiring keluarnya struk / bukti transfer.

flowchart ATM

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/ATM 20:44 20 maret 2013

http://sinubie.blogspot.com/2012/03/algoritma-flowchart-atm.html 21:53 11 maret 2013